hadis Nabi tentang kejujuran

Pendahuluan

Kejujuran adalah sembuah kata yang tidak asing lagi bagi kita, Bahkan seorang Imam Ibnu al Qayim mengatakan bahwa iman asasnya adalah kejujuran dan nifaq asasnya adalah kedustaan.

Begitu pentingnya kejujuran bagi seorang manusia. Karena kejujuran, manusia bisa selamat dari bahaya, mendapat jabatan tinggi, bahkan karena kejujuran manusia bisa masuk surga. Agama islam sangat menekankan sekali sifat kejujuran pada diri setiap penganutnya, hal ini tergambar dari banyaknya dalil syar’i yang berbicara tentang hal ini, salah satunya adalah hadis yang berbunyi:

عليكم بالصدق فإن الصدق يهدى إلى البر وإن البر يهدى إلى الجنة وما يزال الرجل يصدق ويتحرى الصدق حتى يكتب الله صديقا وإياكم والكذب فإن الكذب يهدى إلى الفجور وإن الفجور يهدى إلى النار وما يزال الرجل يكذب ويتحرى الكذب حتى يكتب الله كذابا

“berpeganglah kalian kepada kejujuran, karena kejujuran akan membimbing kepada kebaikan, dan kebaikan akan membimbing ke surga. Senantiasa seorang hamba berbuat jujur dan membiasakan sifat ini hingga dia dicataat oleh Allah sebagai orang yang yang jujur. Berhati-hatilah kalian akan dusta, karena dusta akan membimbing kepada kecurangan, dan kecurangan[1] akan membimbing ke neraka. Senantiasa seorang hamba berdusta dan membiasakan berbuat dusta hingga Allah mencatatnya sebagi pendusta.”

Hadis diatas cukup populer dikalangan umat islam, namun sedikit sekali umat islam yang mengetahui siapa saja yang meriwayatkan hadis tersebut dan melalui siapa hadis ini diriwayatkan serta bagaimana kedudukan hadis ersebut.

Makalah sederhana  ini akan coba menjawab dan mengungkap pertanyaan-pertanyaan diatas yang kemudian dilanjutkan dengan sedikit pembahasan mengenai kejujuran, manfaat dan larangan melakukan hal sebaliknya.

Pembahasan

  1. Takhrij dan Tahqiq

setelah penulis melakukan takhrij dengan salah satu metode yang dikemukakan oleh Abu Muhammad ‘Abd al Muhdi dan Mahmud al Thahhan yakni takhrij melalui lafal pertama matan hadis[2], adapun kitab-kitab rujukan penulis menggunakan software al maktabah al syameela al ishdar al tsani.

Dalam pencarian yang dilakukan ditemukan sekurang-kurangnya enam matan hadis yang memiliki makna yang kurang lebih sama dengan matan hadis yang ada pada pendahuluan. Hadis-hadis tersebut terdapat pada kitab muatha’ imam malik, shahih muslim, sunan al tirmidzi, musnad ahmad, dan shahih Ibnu Hibban. Sebagai perbandingan hadis-hadis tersebut akan ditampilkan lengkap dengan sanadnya, sebagai berikut:

Muatha malik juz VI hal. 130

Imam Malik meiwayatkan hadis ini dari Malik dari Abdullah bin Mas’ud

و حَدَّثَنِي مَالِك أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ كَانَ يَقُولُ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَالْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَالْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ أَلَا تَرَى أَنَّهُ يُقَالُ صَدَقَ وَبَرَّ وَكَذَبَ وَفَجَرَ و حَدَّثَنِي مَالِك أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّهُ قِيلَ لِلُقْمَانَ مَا بَلَغَ بِكَ مَا نَرَى يُرِيدُونَ الْفَضْلَ فَقَالَ لُقْمَانُ صِدْقُ الْحَدِيثِ وَأَدَاءُ الْأَمَانَةِ وَتَرْكُ مَا لَا يَعْنِينِي و حَدَّثَنِي مَالِك أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ كَانَ يَقُولُ لَا يَزَالُ الْعَبْدُ يَكْذِبُ وَتُنْكَتُ فِي قَلْبِهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ حَتَّى يَسْوَدَّ قَلْبُهُ كُلُّهُ فَيُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ الْكَاذِبِينَ

Shahih muslim juz XIII, hal. 16

  • Imam muslim meriwayatkan hadis ini melalui dua jalur
  • Jalur pertama: dari Muhammad bin Abdillah bin Numair dari Abu Muawiyah dan Waki’ dari al A’masy
  • Jalur kedua: dari Abu Kuraib dari Abu Muawiyah dari al A’masy dari Syaqiq dari Abdullah

4721- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ وَوَكِيعٌ قَالَا حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ ح و حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ شَقِيقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

Sunan al tirmidzi juz VII hal. 238

  • Para periwayatnya adalah: dari Hannad dari Abu Muawiyah dari al A’masy dari Syaqiq bin Salamah dar Abdullah bin Mas’ud

1894 – حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ شَقِيقِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الْعَبْدُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ وَعُمَرَ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ الشِّخِّيرِ وَابْنِ عُمَرَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Musnad ahmad juz VII hal. 491

  • Para periwayatnya adalah: Abu Muawiyah dari al A’masy dari Syaqiq dari Abdillah

3456 – حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ شَقِيقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ كَذَّابًا

Musnad ahmad juz VIII hal. 434

  • Para periwayatnya adalah: dari Waki’ dan Abu Muawiyah dari al A’masy dari Abi Wa’il dari Abdillah

3899 – حَدَّثَنَا وَكِيعٌ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ قَالَا حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَالْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا وَقَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّهُ يَعْنِي الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ

Shaih ibnu hibban juz II hal. 35

  • Para periwayatnya adalah: dari Abdillah bi Muhammad al Azadi dari Ishaq bin Ibrahim dari jurair dari mansur dari Abi Waail dari Abdillah

273 – أخبرنا عبد الله بن محمد الأزدي ، قال : حدثنا إسحاق بن إبراهيم ، قال : أخبرنا جرير ، عن منصور ، عن أبي وائل ، عن عبد الله ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « عليكم بالصدق فإن الصدق يهدي إلى البر ، وإن البر يهدي إلى الجنة ، وإن الرجل ليصدق حتى يكتب عند الله صديقا ، وإن الكذب يهدي إلى الفجور ، وإن الفجور يهدي إلى النار ، وإن الرجل ليكذب حتى يكتب عند الله كذابا »

Secara umum hadis-hadis diatas memiliki makna yang kurang lebih sama yakni anjuran berkata jujur dan larangan berbohong. Adapun dalam segi kualitas sejauh pengetahuan penulis terhadap periwayat-periwayat yang ada pada hadis yang diriwayatkan oleh muslim semuanya adalah perawi yang tsiqah yang dapat diterima hadisnya kecuali Abu Muawiyah yang dianggap majhul oleh Ibnu Hajar namun hal ini tidak mengurangi kualitas hadis karena al A’masy juga mendengar hadis dari Waki’ yang tsiqah. Keshahihan hadis yang diriwayatkan Muslim ini secara tidaklangsung mengindikasikan bahwa hadis-hadis yang terdapat diatas juga derajatnya tidak akan kurang dari hasan dan makbul karena ada hadis semakna yang derajatnya shahih.

  1. keutamaan orang yang jujur dan larangan berbuat sebaliknya

Syarh al nawawi ‘ala muslim bab juz VIII hal. 429

قَالَ الْعُلَمَاء : مَعْنَاهُ أَنَّ الصِّدْق يَهْدِي إِلَى الْعَمَل الصَّالِح الْخَالِص مِنْ كُلّ مَذْمُوم ، وَالْبِرّ اِسْم جَامِع لِلْخَيْرِ كُلّه . وَقِيلَ : الْبِرّ الْجَنَّة . وَيَجُوز أَنْ يَتَنَاوَل الْعَمَل الصَّالِح وَالْجَنَّة . وَأَمَّا الْكَذِب فَيُوصِل إِلَى الْفُجُور ، وَهُوَ الْمَيْل عَنْ الِاسْتِقَامَة ، وَقِيلَ ؛ الِانْبِعَاث فِي الْمَعَاصِي .

قَوْله صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( وَإِنَّ الرَّجُل لَيَصْدُق حَتَّى يُكْتَب عِنْد اللَّه صِدِّيقًا ، وَإِنَّ الرَّجُل لَيَكْذِب حَتَّى يُكْتَب عِنْد اللَّه كَذَّابًا ) وَفِي رِوَايَة ( لِيَتَحَرَّى الصِّدْق وَلِيَتَحَرَّى الْكَذِب ) وَفِي رِوَايَة ( عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْق يَهْدِي إِلَى الْبِرّ . وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِب ) قَالَ الْعُلَمَاء : هَذَا فِيهِ حَثٌّ عَلَى تَحَرِّي الصِّدْق ، وَهُوَ قَصْده ، وَالِاعْتِنَاء بِهِ ، وَعَلَى التَّحْذِير مِنْ الْكَذِب وَالتَّسَاهُل فِيهِ ؛ فَإِنَّهُ إِذَا تَسَاهَلَ فِيهِ كَثُرَ مِنْهُ ، فَعُرِفَ بِهِ ، وَكَتَبَهُ اللَّه لِمُبَالَغَتِهِ صِدِّيقًا إِنْ اِعْتَادَهُ ، أَوْ كَذَّابًا إِنْ اِعْتَادَهُ . وَمَعْنَى يُكْتَب هُنَا يُحْكَم لَهُ بِذَلِكَ ، وَيَسْتَحِقّ الْوَصْف بِمَنْزِلَةِ الصِّدِّيقِينَ وَثَوَابهمْ ، أَوْ صِفَة الْكَذَّابِينَ وَعِقَابهمْ ، وَالْمُرَاد إِظْهَار ذَلِكَ لِلْمَخْلُوقِينَ إِمَّا بِأَنْ يَكْتُبهُ فِي ذَلِكَ لِيَشْتَهِر بِحَظِّهِ مِنْ الصِّفَتَيْنِ فِي الْمَلَأ الْأَعْلَى ، وَإِمَّا بِأَنْ يُلْقِي ذَلِكَ فِي قُلُوب النَّاس وَأَلْسِنَتهمْ ، وَكَمَا يُوضَع لَهُ الْقَبُول وَالْبَغْضَاء وَإِلَّا فَقَدَر اللَّه تَعَالَى وَكِتَابه السَّابِق بِكُلِّ ذَلِكَ . وَاَللَّه أَعْلَم .

Sebagimana makna yang terkandung secara jelas dari hadis-hadis diatas bahwa orang yang jujur lebih dekat kepada surga. Secara rasio hal yang demikian dapatlah dipahami dengan mudah, karena jika seseorang selalu berkata jujur maka secara otomatis dosanya tidak bertambah akibat kebohongan, dan ketika seseorang bisa memperkecil dosanya maka ia juga akan lebih dekat kepada surga. Begitu juga sebaliknya bagi orang yang berbohong.

Setiap manusia dalam kehidupan sosialnya hendaknya tidak takut untuk berkata jujur dan menghindari kebohongan, apalagi kebohongan itu dilakukan hanya karena takut kepada manusia lainnya, atau karena tamak terhadap kehidupan dunia. Larangan berbohong karena takut kepada manusia lainnya juga sesuai dengan hadis Nabi “janganlah kewibawaan manusia menghalangi seseorang untuk berkata benar manakala dia mengetahuiya”[3]

Penutup

Setiap manusia harus memelihara lisannya dari semua perkataan, kecuali perkataan yang tampak baik. Sebuah perkataan yang jika diucapkan atau tidak diucapkan, kebaikannya sama, maka lebih baik hal itu tidak diucapkan karena biasannya jika hal yang seperti ini diucapkan justru malah membahayakan.

Hati-hatilah dalam menjaga lisan, bahkan penyairpun berkata

احفظ لسانك ايها الانسان

لايلد غنك انه ثعبان

كم في لمقابر من قتيل لسانه

كانت تهاب لقاءه الشجعان

Wahai manusia, peliharalah lidahmu,

Jangan sampai menyengatmu, karena sesunggunya lidah bagaikan seekor ular berbisa

Banyak di dalam kubur orang yang mati karena lidahnya

Takutilah lidahmu (seperti) seseoarang takut bertemu dengan seekor ular berbisa.

Luka-luka karena pisau dapat terobati, tapi luka kerena lisan kemana obat hendak dicari. Terima kasih.

Daftar Pustaka

Ahmad, Arifuddin, paradigma baru memahami hadis Nabi, Jakarta: Renaisan,  2005.

al Albani, Syaikh Muhammad Nashiruddin, Silsilah Hadis shahih buku I, terj. M. Qodirun Nur, Solo: Pustaka Mantiq, 1997.

Baqi, Muhammad Fuad ‘Abdul, al lu’-lu’ wa almarjan, terj. Salim Bahreisy, Surabaya: Bina Ilmu,

Al Fasyani, Syekh Ahmad ibnu Syekh Hijazi, al Majalisus saniyyah syarah hadis arba’in nawawi, terj. Sofyan Suparman, Bandung: Trigenda Karya, 1995.

Software al maktabah al syameela al ishdar al tsani


[1] Muhammad Fuad ‘Abdul Baqi, al lu’-lu’ wa almarjan, terj. Salim Bahreisy, (Surabaya: Bina Ilmu, ), hal. 995

[2] Arifuddin Ahmad, paradigma baru memahami hadis Nabi, (Jakarta: Renaisan,  2005), hal. 72

[3] Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani, Silsilah Hadis shahih buku I, terj. M. Qodirun Nur, (Solo: Pustaka Mantiq, 1997), Hal. 379.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: